Sabtu, 04 Februari 2012

TUJUAN MEMBUAT BLOGGER

Sebelum membahas cara membuat blog gratis, akan lebih baik kalau  kita bisa menjawab satu pertanyaan penting di bawah ini terlebih dahulu:
"Apa tujuannya bikin blog gratis?"
Kalau jawaban kita termasuk di dalam list di bawah ini:

  • Menyalurkan hobby, mengisi waktu luang, curcol, dll.
  • Berbagi ilmu, meningkatkan influence, dll.
  • Promosi usaha atau dagangan.

Maka cara membuat blog gratis yang tepat menurut saya adalah dengan membuat blog gratis di blogger.com.

Sebetulnya ada banyak pilihan layanan yang dapat kita gunakan untuk membuat blog gratis selain blogger.com, diantaranya adalah wordpress.com dan tumblr.com yang masing-masing mempunyai keunikannya sendiri-sendiri.

Namun untuk membuat blog keren & gratis yang bisa memenuhi kebutuhan dari 3 jawaban dari pertanyaan di atas adalah layanan blog gratis dari blogger.com.

Layanan blog gratis di blogger sangat memungkinkan memenuhi kebutuhan kita baik untuk sekedar menyalurkan waktu luang dengan hobby menulis kita, berbagi ilmu tentang keahlian kita ke banyak orang melalui blog, bisa dipakai untuk promosi bisnis atau usaha kita, dan yang cukup (red. paling) penting boleh pasang script iklan.

Cara membuat blog keren & gratis di blogger.com cukup mudah. Apa lagi bagi kita yang sudah memiliki akun Google cukup tinggal login saja, buat blog baru, tuliskan judul blog, url untuk blog, dan ikut langkah-langkah selanjutnya dalam sekejab blog sudah jadi.

Untuk mempercantik tampilan blog kita bisa modifikasi desain blog menggunakan pilihan desain yang telah disediakan oleh blogger.com atau bisa juga menggunakan theme blog gratis untuk blogger.com yang dengan mudah bisa kita temukan menggunakan mesin pencari seperti Google. Untuk memodifikasi tampilan blog gratis agar terlihat keren mungkin kita perlu sedikit paham soal coding terutama jika ingin menggunakan desain blog yang bukan dari blogger.com. Tapi kalau malas mikir soal coding, menurut saya pakai desain bawaan yang ada dari blogger.com yang minimalis sudah cukup. Seperti blog saya ini, cuma pake desain simple yang ada di blogger.com.

Kenali Tujuan Sobat Membuat Blog - Setelah menerima beberapa pertanyaan dari sobat, akhirnya saya mulai berpikir tentang tujuan membuat blog. Rupanya, akhir-akhir ini minat untuk membuat blog semakin tinggi. Penyebabnya apa, entahlah, tapi paling tidak hal ini menjadi bukti bahwa pemanfaatan internet semakin tinggi dan tentu dengan tujuan yang beragam.

Mengapa artikel "Kenali Tujuan Sobat Membuat Blog" ini saya tulis? Selain karena bingung mencari topik postingan (hihihi), saya juga hendak mengajak sobat blogger untuk kembali memikirkan tujuan ngeblognya apa. Hal ini penting karena salah satu kesuksesan nge-blog disebabkan oleh tujan yang jelas oleh pemiliknya. Kebebasan berekspresi adalah hak kita semua, tapi bukan berarti tak punya tujuan, iya kan?

Mengingat pengalaman saya waktu masih "merayap" untuk memahami blogger, saya sama sekali tidak memahami tujuan saya nge-blog apa. Akhirnya, saya mengalami kebingungan di pertengahan, ketika saya sedikit sudah mengerti soal blogger. Pertanyaan saya pada diri sendiri adalah, "selanjutnya blog ini mau diapakan?" Kebingungan seperti ini mungkin dialami oleh sobat blogger yang lain.

Jika dari awal kita tidak memahami tujuan kita sendiri, implikasinya adalah blog kita tidak akan menunjukkan sebuah kepuasan, melainkan sebuah kebingunan, dan mungkin akan berujung pada kejenuhan. Mari kita bercermin pada blogger-blogger senior, di mana blog mereka benar-benar memberi banyak manfaat, baik untuk pemiliknya maupun untuk orang lain.

Memahami tujuan kita akan membantu untuk menetukan topik blog kita dan tentu kita akan paham "hal apa yang dibutuhkan" untuk membangunnya. Membangun blog tidak mungkin sekali jadi, harus melalui proses-proses yang kadang membuat kita putus asa. Tapi semua itu hanya tantangan kecil jika kita mengerti tujuan kita sendiri. Tentunya harus dibarengi dengan semangat dan kesabaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar